Dapat Buku Gratis Lewat Menulis


8 tips menang lomba menulis status berfaedah attuqa:


1. baca syarat dan ketentuan lomba. baca berulang kali ya.. bisa 2-3x atau lebih. kalau mau lebih mantab bisa dicatat di kertas atau buku biar gak ada yang kelewat.

2. penting! catat dan ingat-ingat batas akhir pengumpulan tulisan atau deadline alias DL. jangan sampai kelewat tanggal yaa. tapi jangan juga buru-buru dikirim.

3. baca buku-buku yang sesuai tema. perbanyak referensi bacaan. semakin banyak buku yang dibaca, semakin bertambah pula kosa kata dan kemampuan menulis. buku yg ada dan nganggur juga bisa dibaca.

4. kenali karya para peserta yang menang di lomba-lomba sebelumnya. bisa buka kembali di channel telegram attuqa. baca berulang kali. nanti bisa tahu karya seperti apa yang disukai dan diinginkan penerbit/panitia.

kumpulan status berfaedah terpilih pemenang lomba. ini lomba yg dulu yaa.. masih ingat kan? silakan dibaca-baca biar ada gambaran



5. cari tempat yang nyaman dan suasana hati yang tenang lalu mulailah tidur eh menulis. menulis aja, ngeditnya nanti kalo dah selesai. jangan tulis hapus tulis hapus. nulisnya kalo di kertas pake pulpen, kalau di hp jangan sering dihapus dulu pokoknya. santai.

6. perhatikan tata cara penulisan kata juga tanda baca. majalah atau buku-buku bacaan bisa jadi acuan. biar tulisan kita rapi. panitia suka tulisan yang rapi.

7. bermain diksi (pilihan kata) yang tepat. tulis dulu, bisa diedit-edit lagi kalau udah selesai. mana yang perlu diganti, ditambahi atau dikurangi. baca lagi. edit lagi. kalau perlu baca yang keras. udah pas belum. hehe

8. tips terakhir yang jadi andalanku di setiap karya. ada yang tahu? yaa.. bermain rima (pengulangan bunyi yang sama) di setiap kata terakhir. misal rima a-a-a-a. berakhiran huruf vokal yang sama. di judul pun aku sering pakai ini.

contoh yaa.. (huruf vokal a):
senja berteman gerimis tak kunjung menemui reda
ini aku masih setia menanti dengan segores pena
dengan apa menyapa jika bukan doa-doa


(reda, pena, doa memiliki rima yang sama yakni huruf vokal a)

selamat mencoba!

ini cuma tips lo yaa. terpilih atau belum jadi pemenang yang penting udah berusaha. usaha kita harus maksimal biar hasilnya maksimal dan jangan menyerah kalau belum berhasil. coba terus. ada kesempatan melatih kemampuan menulis, ikuti! hehe.

mungkin dia yang pernah terpilih di dua atau tiga lomba  pernah mengalami kegagalan sebelumnya. bahkan gagal sampai berkali-kali. yang penting jangan sampai ada kata menyerah. coba lagi dan lagi. enak kan kalau ada yang menyemangati kayak gini? hhaii

tak dipungkiri, menulis merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari. iya kan? kalau ibu-ibu misalnya, menulis belanja apa saja hari ini, apa menu masakan hari ini, resep mpasi anak, habis berapa suap, kebutuhan yang harus dibeli, bahkan ngapain aja kita hari ini boleh kok ditulis. kegiatan anak apa aja seharian tadi di rumah. belajar atau bermain apa aja. datang ke majelis ilmu juga nulis kan?

tulis, tulis, dan tulis apa yang bisa ditulis. arsipkan sendiri gapapa, bisa dibaca-baca lagi kok suatu saat nanti. anak-anak akan jadi pembaca setia tulisan ibu bapaknya. simpan dan arsipkan!

buat teman-teman yang tak sabar ingin membaca buku "Rinai Air Mata Taubat", bisa beli di sini ya:

https://shope.ee/3Kx7t12M1A

https://shope.ee/2L4ahDQwIS

ditulis oleh: 
shofiyyah sholihah
31 Januari 2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk, Pakai Clodi!

Channel Telegram Akhwat Salafiyat Indonesia